Kala Impian Hanya Fatamorgana

Title : Kala Impian Hanya Fatamorgana

Author : Boram.Onyu

Main Cast : Lee Taemin

Support Cast : find it by yourself ye :p

Genre : Life

Type/Length : Ficlet

Rating : General

 

Seorang namja dari kalangan petani biasa melepas penatnya setelah seharian bekerja di sawah milik appanya. Ia duduk bersandar di sebuah pohon yang letaknya tak jauh dari rumahnya. Hingga tiba-tiba saat semilir angin menerpa wajahnya, teringatlah ia akan seseorang. Seseorang yang amat dipujanya. Cicit burung gereja yang bercengkrama di ranting pohon, diikuti gemericik air yang jatuh tak beraturan dari tepi daun, layaknya orchestra alam yang begitu harmoni.

Tanpa sadar, namja itu berdiri dari sandarannya mengikuti irama kicauan burung tadi. Ia melangkahkan kakinya ke depan dengan tangannya mulai bergerak kiri kanan tak menentu. Tak berapa lama, ia duduk kembali tanpa menghentikan gerakan tangannya dengan irama cepat. Poppin’ dance. Itu yang dilakukannya sekarang. Bagi siapapun yang melihatnya tentulah terkesima. Melihat senyum yang tak lepas berkembang dari bibirnya. Ia berdiri kembali dan cepat-cepat masuk ke rumahnya begitu sadar kicauan burung tadi telah hilang ditelan derasnya hujan yang membasahi bumi.

****

Kala hujan telah reda, namja itu keluar lagi ke berandanya. Senyum manis kembali merekah dari bibirnya. Mengingat sawahnya yang baru saja dikerjakan. Tentulah bila hujan terus turun, padinya akan ikut tumbuh subur. Mengingat eummanya yang makin tua juga sakit-sakitan itu, tentu pula wanita yang amat dikasihinya itu bisa berobat dengan hasil panen nanti.

Tak terasa telah tiga bulan berlalu, padi di sawahnya telah menguning. Walaupun ia tak memiliki sanak keluarga lain selain eummanya, tapi namja yang akrab disapa Taemin itu tidak pernah menyerah menjalani hidupnya yang serba kekurangan. Appanya yang telah tiada sejak lima tahun yang lalu, membuat Taemin harus banting tulang menghidupi dirinya dan ibunya yang telah uzur itu. Ia pun memutuskan meninggalkan sekolahnya demi menggarap sawah yang turun temurun dari kakek ayahnya, dan terkadang ia menjahit sebagai usaha sampingannya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari yang kian hari makin melonjak.

Hmm, kembali lagi Taemin melihat hamparan padi yang telah menguning. Sungguh pemandangan alam yang memesonakan. Taemin bersiap-siap mengambil arit. Diasahnya arit itu hingga betul-betul berkilau. Beberapa tetangganya yang juga petani sudah bersiap-siap pula memanen hasil sawahnya. Masing-masing tersenyum bahagia, membayangkan hasil panennya tahun ini yang begitu menggembirakan. Membayangkan wajah bahagia anak-anaknya dengan tas dan sepatu baru dari penjualan hasil panennya.

“ Taemin, kau sudah siap? “

Taemin mengangguk sambil tersenyum pada pak tua yang wajahnya telah dipenuhi keriput, Lee ahjussi-sapaan akrabnya. Pak tua itu pulalah yang mengajari Taemin bertanam, memanen, dan kadang membantu Taemin memanen sawahnya. Keranjang sulam dari bamboo bertengger erat di punggung Taemin.

“ Ahjussi, kajja. “

Taemin menggandeng tangan Lee ahjussi yang amat kurus itu. Belum sampai kakinya diayunkan ke sawah, bulir-bulir air jatuh hingga begitu derasnya. Orang-orang yang baru saja berniat memanen padinya, berlarian mencari tempat berlindung. Sejam mereka meratapi hamparan impian, sebuah tumpuan hidup, kini tenggelam oleh turunnya hujan deras. Petani-petani itu, juga termasuk Taemin, bungkam menyaksikan fenomena alam yang begitu dahsyat. Taemin menghela napas, ia teringat akan pesan ayahnya. Kemudian ia menatap Lee ahjussi di sampingnya dengan senyum penuh arti.

“ Tuhan takkan memberi kita cobaan yang tidak bisa dilalui. Tahun depan, kita coba lagi ahjussi, ne? “

*FIN*

3 thoughts on “Kala Impian Hanya Fatamorgana

  1. Ya ampun…
    Satu lagi cerita Boram yang buat eon mesti lebih bnyak bersyukur dg apa yg eon punya.

    Demi Taemin dan Lee Ahjussi (eon curiga, ni Jinki) yg terlalu cakep untuk ngarit…

    eo hampir nangis bacanya…
    Seperti inikah perasaan para petani kita setiap kali mereka gagal panen…?
    kayaknya sepele, tapi ternyata enggak…
    Kita gak pernah tau pasti krn kita gak pernah ngerasain…
    Taunya beras ada…, nasi juga kadang gak habis dgn mengatasnamaka “diet”
    bener2 gak mensyukuri…
    #padahal ini aku banget…

    Lee Ahjussi, mianhe…. #peyuk…
    #digeret Eunmi…

    1. Ya ampun, tak nyangka lah eon sampe tinggalin komen di sni jg hehe. Sebenarny versi The Silent of Earth Voice jauh lebih bagus dr ini loh, it duetku sm Chandra. Promot boleh lah hoho.
      Makasih loh eon sdh meninggalkan jejak d semua ff ku, senang deh komenny panjang” lg :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s