The Milligan Wars

It’s Time for The Milligan Wars!

Yey! Setelah melewati jangka waktu hampir selama 2 bulan, I’ve finished this fantastic book!

Tebalnya sampe 590 halaman, jadi wajar dong bacanya selama itu haha.

Secara umum, Miligan Wars merupakan buku bergenre psikologi, mengangkat tema MDP alias multi disorder personal. Novel ini diangkat dari kisah nyata seorang Billy Milligan yang memiliki 23 kepribadian, dengan satu kepribadian terfusi yang dinamakan Sang Guru. Can you imagine how complex the story? How could be a man got these 23 personals? #damn

Buku ini mengantarkan pembacanya menuju kisah seorang MDP dalam memperjuangkan hak-haknya. Hampir semua orang menitikberatkan tiap kejahatan padanya-bahkan untuk sesuatu yang terjadi bukan karenanya- mereka selalu siap menjatuhkannya saat tanda-tanda kebebasannya mulai dipertimbangkan. Ketika ia mulai menyadari terdapat konspirasi di balik kisahnya sebagai penderita MDP, ketika ia merasa sudah dipandang sebelah mata oleh masyarakat, ia mulai kehilangan keyakinannya dan mencoba untuk mengakhiri hidupnya dengan cara yang cukup tragis. No eat, no sleep for many days.* I wonder if there were a people doing the same. I’ll call it CRAZY!*

Dan tak pernah terbayangkan, justru hal itu membuat gerbang kebebasan terbuka untuknya. Mulailah ia dengan taktik-taktik liciknya, memerangi mereka yang selalu menyulitkan tiap langkahnya, menunjukkan pada semua orang jika penderita MPD juga memiliki hak yang sama seperti manusia normal lainnya.

Sayangnya. Dalam buku ini terlalu banyak tokoh pendukung, terlebih jika membacanya ditunda-tunda, akan cukup sulit untuk mendapatkan korelasi tiap bab nya. Ini sih menurut pandanganku saja. Tapi, overall, karya Daniel Keyes ini masih tetap awesome seperti biasa. Apalagi quote Billy di akhir ceritanya : “dan mungkin pengampunan bisa mencari jalannya sendiri ke masa lalu dan mengubahnya di masa depan”.

A thumb up for this story? It’s a BIG NO! Even if I there were thousands people will lend me for their thumbs, it’ll never enough to describe how awesome this story! Just prove it by yourself, then!

Jika anda penikmat psikologi, melewatkan buku ini adalah suatu kesalahan. Jadi pesan saya, yuk mari segera capcus cari buku ini. okeh ya!

 

2 thoughts on “The Milligan Wars

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s